KALAU LAWATI TOLONG SIGN GUEST BOOK YE

12 July 2010

Fakta

*Ada satu alasan utama mengapa ular selalu menjelirkan lidahnya. Ular tidak memiliki telinga, namun memiliki lidah yang sangat sensitif terhadap getaran udara. Dengan menjulurkan lidahnya ular menangkap suara dan bau, dan inilah indera paling utama bagi ular. Bunyi seruling yang dimainkan oleh para pawang ular di India tidak pernah didengar oleh ular. Ular tersebut cuma tertarik pada gerakan seruling yang dimainkan oleh si pawang.


*Tidak ada seekor pun burung penguin yang hidup di Kutub Utara. Belahan bumi bagian Utara bukanlah habitat alami penguin. Keseluruhan 17 jenis spesies penguin tinggal di belahan selatan bumi. Penguin adalah satu-satunya burung yang tidak boleh terbang namun boleh berenang. Penguin sangat cekap berenang. Walau bernafas dengan paru-paru, penguin sering menyelam hingga sepanjang 18 minit, tanpa mengambil udara sekalipun. Selain handal berenang, penguin memiliki keunikan karena memiliki organ khas di sekitar matanya. Dengan organ ini, penguin dapat mengubah air masin menjadi air tawar.

*Nama warna Magenta berasal dari nama sebuah pertempuran antara tentara Perancis melawan tentara Austria di tahun 1859. Pertempuran tersebut berlangsung di sebuah tempat yang bernama “Magenta”. Setelah pertempuran selesai, warna campuran antara merah dan ungu ditiru oleh para ahli kimia Perancis untuk menggambarkan warna darah yang mengering. Dan untuk mengenang pertempuran yang terjadi, warna baru itu diberi nama warna Magenta.


*Pizza adalah bahasa Itali untuk “pie” (kuih). Pada bahagian bawah pizza dibuat dari adunan ragi yang dipanggang menjadi lingkaran seperti roti. Di Itali, orang sudah membuat pizza sejak tahun 1400-an, tapi belum dicampur tomato dan keju sehingga tahun 1889. Pada tahun 1889, seorang pembuat roti bernama Raffaele Esposito membuat pizza untuk Ratu Itali. Ia memutuskan untuk menggunakan bahan-bahan dengan warna seperti bendera negaranya, Itali. Jadi Raffaele menambahkan tomato merah, keju putih, dan lada hijau. Itulah ceritanya kenapa hingga sekarang pizza menyerupai bendera negara Itali.


*Sebelum kedatangan dan penaklukan bangsa Sepanyol di Amerika Selatan, orang Red Indian tidak mengenal besi atau logam lain. Itu sebabnya mereka memiliki emas dalam jumlah yang sangat besar. Mereka tidak hanya menggunakannya sebagai perhiasan, tetapi untuk benda keperluan sehari-hari seperti paku, peralatan makan dan memasak, sikat dsb. Jadi dapat dibayangkan bagaimana ‘gila’nya orang Sepanyol ketika melihat orang Red Indian setiap hari bersikat menggunakan sikat emas.

*Di usia 25 tahun, ia dipecat dari ketentaraan, selain itu ia telah dipermalukan, patah semangat, tanpa harapan, tanpa wang. Kemudian, dia berniat bunuh diri dengan melompat dari sebuah jambatan. Namun sebelum niat tersebut terjadi, seorang teman datang dan memujuknya untuk membatalkan niat tersebut. Si pemuda pun membatalkan bunuh diri, dan memulakan hidup baru. Hanya dalam waktu setahun setelah rancangan membunuh diri itu, ia berjaya mendapat kembali karier tenteranya yang telah hancur, dan berjaya menjadi jenderal termuda dalam Ketentaraan Perancis. Kemenangan besar dapat dicapainya. Kemudian hari dia menaklukkan seluruh daratan Eropah. Ia adalah Napoleon Bonaparte.

*Diperlukan 26 jenis otot wajah untuk tersenyum dan…diperlukan 62 jenis otot wajah untuk masam.

(Source: dr pelbagai forum &wikipedia)

No comments: